Kamis, 27 Oktober 2011

Tips Dalam Menjalani Long Distance Relantionship ( LDR )

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia 
LDR sebuah hubungan yang sangat menyiksa diri.
tapi kalo di nikmati dengan sabar pastinya bakalan menyenangkan.
berikut akan saya uraikan tips - tips buat yang pengen LDRan ato lagi menjalani nya

TIPS-TIPS PRA LDR

Bagi agan-agan yang akan memulai sebuah LDR, ane kasi beberapa tips yang semoga bisa membantu dalam memulai LDR..ini murni dari pengalaman pribadi ane, jadi kl ada yg kurang cocok jgn diikutin yaaa

1. Jangan Terburu-Buru, Perdalam Calon Pasangan
LDR biasanya muncul dari Facebook, YM , Twitter (online mode on) atau kalian sedang berlibur ke kota lain dimana di kota tersebut ada temen kalian (biasanya yg diajak pacaran nanti temennya temen kalian)..
berhubung hubungan yang akan dibangun nanti sifatnya jarak jauh, sebaiknya dalam mendalami calon pasangan kalian jgn terburu-buru..Jangan sampai nanti sesudah LDR baru menyesal, wah ternyata sifatnya dia begini, begitu, dll...Dan sebaiknya yg kalian ajak LDR adalah seorang high quality jomblo. .kenapa ? kl biasa2 aja mending ga usah LDR ..cari di dekat rumah juga ada
Intinya LDR lah jika dia memang layak kalian kejar dan memang mengharuskan LDR..

2. Persiapkan mental
LDR bukan tipe pacaran yang tiap mau kuliah dijemput pacar, tiap keluar premiere film baru bisa langsung ditonton berdua, itu konsekuensi yang kalian harus persiapkan..Jangan sampai setelah LDR baru bilang ke pasangan "kita putus aja yah, gue pengen ada yg ngapelin tiap malam minggu"  namun jika ada kesepakatan dalam hal bertemu itu semua bisa diatasi kok. .


Naaahhh kalo udah di pahami sekarang kita lanjut ke tips ampuh dalam LDRan


TIPS-TIPS LDR

Setelah persiapan kalian matang, dan akhirnya menjalani LDR, kini saatnya kalian memulai mempersiapkan hal2 dibawah ini yang ane sebutin, agar LDR nya bisa nyaman..

1. Komitmen
Bicarakan dengan pasangan kalian mengenai komitmen ber-LDR ini, selain itu bicarakan mengenai level komitmen hubungan kalian..level serius, agak serius, just have fun..

2. Target
Setelah menentukan komitmen, kalian bicarakan mengenai target LDR kalian..misal komitmen serius, target menikah setelah 5 tahun jadian...contoh saya, komitmen serius, targetnya adalah menjaga hubungan ini lebih lama dan melanjutkan ke jenjang pernikahan. ( kebetulan saya lagi menjalani LDRan juga )
3. Rambu-Rambu

Setelah hubungan kalian punya target, kini saatnya membuat rambu-rambu dalam LDR..Kenapa harus ada rambu-rambu ini ? biarkan saja berjalan apa adanya..eits, jgn salah...yg kalian lakukan LDR, bukan hubungan yang BIASA..dimana kepercayaan dan kejujuran adalah harga mati.. jadi, mulailah membicarakan rambu-rambu ini dengan pasangan kalian..beberapa hal yg mesti agan putuskan bersama adalah sbb :

-bohong : jika ada yg ketahuan berbohong apa konsekuensinya, karena hubungan kalian LDR, satu kebohongan kecil bisa merusak segalanya (trust me)
kejujuran adalah harga mati dalam sebuah LDR
sekali mengkhianati kepercayaan, hal itu akan merubah LDR kalian
-berantem : jika sedang berantem (ngamuk"an) apa yang harus diinget oleh kalian berdua dalam menyelesaikannya ?
contoh kalo saya ama cewe saya udahberkomitmen, kalo kita lagi ada masalah biasanya kita selesaiin tuh masalah dengan sabar dan kepala dingin baik yang salah dia ato pun saya sendiri dan harus di selesaiin hari iru juga dan kalo seandainya ga kelar juga biasa nya dia minta waktu buat nenangin diri biar ga kebawa emosi.

-harus diingat juga, pacaran itu ga mungkin ga berantem.
orang berkeluarga aja yg ampe 50th pasti ada berantemnya apalagi sekedar pacaran, LDR pula...tapi yang perlu kalian inget dan pasangan kalian inget, saat masa - masa berantem itu datang, langsung ingatkan diri sendiri "ya ini saatnya, kami berantem..dan ini lumrah, ini wajar..kami hanya perlu mencari solusi yang jadi bahan berantem ini" jika kedua nya sudah menyadari hal ini..dijamin, mau berantem kayak gimana juga kalian pasti bisa saling memahami dan memaafkan..

4. Be brave for the future
Kenapa begitu ? menurut saya LDR adalah satu hal yg bakal menggerogoti pikiran anda perihal "future". Future yang dimaksud di sini adalah kelanjutan hubungan kedepan. seperti yang sudah diawal tadi tentukan hubungan anda sejauh apa dan jalani LDR dengan penuh keberanian tanpa ada rasa takut sedikitpun tentang jarak dan waktu. 


5. Be honest for your self and (him/her)
" Jujur " adalah harga mati. Betapa sakit anda saat sakit gigi tak seperih anda dibohongi *hais lebay *
coba rasakan sendiri anda lagi sibuk kerja atau berkegiatan lain trus doi di sana jalan sama temen" atau siapa aja bilangnya lagi mikirin kalian, bagi saya itu semacam fatamorgana. Gak perlu banyak nuntut "jujur" sama doi terlebih dahulu. Kalo kata A'agim "mulailah dari hal yang kecil, mulai dari diri anda, mulai sekarang". tanam kebaikan balik kebaikan itu teorinya kalo prakteknya kita dapet keburukan... tawakal dan sadarilah ini dunia gan tempatnya baik dan buruk campur, kalo hanya ada kebaikan namanya surga.

6. Patience are matter
pepatah klasik berkata "Orang sabar disayang Tuhan". Rasa sabar yang tinggi di tuntut dalam LDR kenapa ? ngebet pengen ketemu, ngebet pengen jalan, ngebet kangen etc... kalo ga di redam pake "Sabar" saya jamin LDR will kill you slowly. 

7. Trust your self and (him/her)
kata orang kepercayaan itu susah dicari entah dalam hal relationship atau kehidupan, sekali di bohongi bakal makin susah dicari bahkan mungkin tak pernah anda temukan. makanya bertindaklah hati-hati. kalo saya punya konsep "Positioning" apaan tuh gan ? Positioning itu saya bikin" sendiri sih , positioning itu adalah memposisikan apa yang kita lakuin sekarang seolah" ada dia di sekitar kita supaya menghindarkan kita dari hal - hal bodoh yang bisa menghancurkan hubungan dan memposisikan dia sebagai kita pada saat" tertentu

8. Status update
kok LDR harus update status di facebook ? yang saya maksud bukan update status di facebook. yang saya maksudkan update status lewat SMS atau telpon ke dia, walaupun hal itu paling ga penting atau bahkan kadang membuat kita jadi alay yang update status facebook dengan kecepatan 178 status / jam
misal "beb..., aku lagi di kampus nih bareng si a, b, c, d..." nah dengan begitu dia atau kita akan merasa selalu tau kemanapun dimanapun anda berada seolah kita selalu ada bareng dia. 


SO,gimana. . . ?
udah siap menjalaninya. . . ?
perlu kesabaran dan kepercayaan tingkat tinggi untuk menjalani hubungan kaya ini kalo ga mau hubungan ini jadi sia - sia akhirnya.
artikel ini di adaptasi dari SUMBER dan pengalaman saya saat ini dalam menjalani LDRan

______________________________________________ ___________________________
*jarak ini tak ada artinya jika dibandingkan oleh besarnya kekuatan cintaku yang ingin menyandingmu di hatiku..*

1 komentar:

Wiwi Arianti mengatakan...

Pernah LDR 9 bulan, dan sia-sia. :o

Posting Komentar

caci - maki kalian sangat saya harapkan untuk kemajuan saya di hari mendatang dan silahkan tinggalkan cacian anda disini

 
;