Sabtu, 08 Oktober 2011

Cara Membuat Email Groups

PlanetBlog - Komunitas Blog Indonesia   
Secara umum, Email Groups atau Mailing List atau biasa disingkat milis adalah komunitas yang beranggotakan sejumlah alamat e-mail dari orang-orang yang memiliki hobi atau minat yang sama. Mereka bisa tukar-menukar informasi yang berhubungan dengan tema milis tersebut. Milis biasanya memiliki sebuah alamat e-mail yang digunakan untuk mengirim pesan. Begitu pesan terkirim, ia akan didistribusikan kepada setiap anggota.
Milis juga menjadi ajang diskusi yang cocok bagi Anda yang kurang suka browsing di Internet, atau memiliki waktu yang terbatas untuk online. Dengan program e-mail client seperti Outlook Express, Eudora, Firefox Thunderbird dan sebagainya, Anda bisa membaca pesan-pesan e-mail yang masuk ketika offline. Ini tentu menghemat pemakaian Internet Anda.
Namun salah satu kelemahan milis adalah potensi untuk melencengnya topik dari tema utama, atau terkirimnya pesan-pesan tak penting seperti spam (iklan yang tak diinginkan) dari anggota yang belum mengerti etika berinternet. Hal-hal seperti ini bisa terjadi karena setiap anggota milis cenderung bebas untuk mengirim pesan e-mail berisi hal-hal apa saja yang mereka sukai. Namun jika moderator milis cukup disiplin, ia bisa membuat strategi agar diskusi di milis tetap terfokus pada topik utama, dan tidak ada kiriman e-mail yang tidak bermanfaat.
Bagaimana cara membuatnya :
  1. Untuk membuat milis di yahoogroups.com kita harus memiliki email di yahoo. Jika belum punya, anda harus membuat nya dulu. .
  2. Buka halaman email gruops setelah itu login menggunakan id dan password anda masing-masing.
  3. Klik menu Start Your Group, kemudian pilih group yang ingin anda buat, apabila sudah selesai klik “place my group here”.
  4. Anda diminta untuk mengisi Group Name (Nama group Anda), Group Email Address (Nama email group anda, contoh grup_saya@yahoogroups.com), Descripe Your Group (Deskripsi tentang group Anda).
  5. Pilih email address yg Anda pakai dan pilih profile yahoo yang Anda pakai, kemudian isi “Word Verification”
  6. Selamat !!! Milis Anda sekarang sudah jadi 
Jika sudah selesai, maka Anda dapat meng-invite dan menambahkan teman Anda untuk masuk ke Group anda secara manual dengan meng-klik bagian “Invite People To Join” kemudian klik bagian “add member”. Atau Anda bisa meminta teman-teman Anda untuk mengirim email ke *-subscribe@yahoogroups.com (contoh : grup_saya-subscribe@yahoogroups.com), untuk keluar dari Group cukup kirim email ke *-unsubscribe@yahoogroups.com (contoh : grup_saya-unsubscribe@yahoogroups.com), dan untuk mengirim pertanyaan ke Group kirim email ke *@yahoogroups.com (contoh : anak_rpl@yahoo.groups.com). 

0 komentar:

Posting Komentar

caci - maki kalian sangat saya harapkan untuk kemajuan saya di hari mendatang dan silahkan tinggalkan cacian anda disini

 
;